Selasa, 08 Juni 2010

DANAU PARA DEWA

Cerita Mitologi ini dipetik dari “World and I” oleh Jan Knappert berupa cerita pendek berjudul “Lake of the Gods – Danau Para Dewa”, Sebuah mitologi dari Tanah Batak. Jan Knappert adalah seorang professor di Universitas Leuven di Belgia, tentang Bahasa-bahasa Asia dan Afrika. Dan beginilah diceritakan:


Di Tanah Batak terdapat sebuah danau yang sangat besar. Warna kelabu menyelimutinya dan segera berubah menjadi awan, dan deru air terjun yang berbusa yang bercampur dengan percikan liar dari gelombang-gelombang berbuih, yang dihembuskan oleh angina. Pada saat yang demikian Danau Para Dewa sudah akan minta korban.

Berabad-abad yang lalu belum ada danau disana, hanya berupa dataran yang subur dan luas, tertata rapi menjadi petak sawah yang terpelihara dengan baik. Di tempat berpemandangan yang indah ini mengalir sebuah sungai yang besar. Suatu hari zaman dahulu kala, seorang lelaki sedang memancing di tepian sungai. Sudah berjam-jam memancing tetapi umpannya belum juga mendapat pancingan, diapun menjadi heran apakah mungkin ikan-ikannya telah kapok untuk dipancing.

Tiba-tiba sewaktu dia sedang terkantuk, pancingnya tertarik yang hamper menceburkannya jatuh dari sampannya. Segera dia terbangun dan mulai menarik tangkapannya. Sampannya berayun sewaktu dia menarik ikan itu kedalam sampan. Beratnya hamper seberat dirinya. Sambil berteriak kegirangan, dia mengayuh sampannya untuk pulang, kemudian mengangkat ikan itu kelur dari sampan, dan meletakkannya di lantai gubuknya. Kemudian dia pergi ke dapur untuk mengambil nasi karena dia sudah seharian tidak makan.

Segera setelah dia selesai makan dia kembali untuk melihat ikan tangkapannya. Ikannya ternyata tidak disitu lagi, hilang. Dalam keadaan terpaku dalam kegelapan, pemuda itu secara perlahan menyadari bahwa ada seseorang sedang berada di pojok ruangan. Dia mendekat, dan sangat terheran, dia melihat seorang perempuan, sedang mencoba untuk menutupi tubuhnya dengan rambut panjangnya yang terurai.

Merasa terkejut hebat, pemuda itu melompat menuju pintu, tetapi sebelum sampai disana, perempuan muda itu berbicara:

“Tolong saya! Berikan saya mandar (sarung) dan pakaian supaya saya berpakaian secara pantas dan boleh pergi. Tidak kah kau mengasihani saya?”

Lelaki itu berlari dari gubuknya. Ibunya yang belum lama meninggal, dan di dalam rak ditemukannya pakaian yang pernah dipakainya. Dia mengambil mandar dan pakaian yang masih bagus. Kemudian dia kembali ke gubuknya. Perempuan muda itu masih berada disana. Perempuan itu meraik pakaian itu dari pemuda itu, kemudian segera berpakaian, dan berusaha untuk men-sanggulkan rambutnya yang panjang itu. Pemuda itu memandang dengan terpukau. Sewaktu selesai berpakaian pemuda itu mengijinkannya berada di gubuk itu. Disana mereka duduk dengan diam seribu bahasa, kemudian perempuan muda itu mulai menceritakan peristiwa aneh yang terjadi pada dirinya.

“Saya adalah ikan yang kau tangkap. Dahulu saya bertemu seorang datu (pesulap) yang memberikan kepada saya sebuah resep yang dapat merubah saya, seekor ikan berubah menjadi seorang ikan. Ada satu syarat: Saya diijinkan mengucapkan kata-kata mantra bila seorang nelayan yang sabar, punya ketekunan, dan berkeinginan kuat untuk menarik saya dari air dan membawa saya kerumah. Kau telah menunjukkan dedikasi itu, dan Saya sekarang menjadi milikmu. Saya akan tinggal disini dan tinggal bersamamu. Tetapi jangan bercerita kepada siapapun tentang ini.”

“Saya berjanji” demikian kata pemuda itu dengan jujur.

“Jangan beritahu siapapun dimana ku menjumpai saya dan bagaimana saya berubah seperti sekarang ini. “ demikian lanjutnya.

“Saya berjanji,” demikian pula jawab pemuda itu mengulangi.

“Dan satu hal lagi. Jangan sekali-kali menyebutkan tentang kematian (mate ho.., red) atau tentang akhir dari sesuatu (mago ma ho.. red)”, demikian kata perempuan itu sambil kemetar, dengan menyebutkan kata kematian seolah dia merasakan bayangan dinginnya awan yang akan mendatangkan bencana.

“Saya berjanji,” demikian lanjut pemuda itu mengulangi.

Hari-hari berikutnya diikuti dengan suasana yang sangat membahagiakan. Laki-laki itu pergi berburu, dan bilamana duri-duri dan daun ilalang menyayat kulitnya, istrinya itu merawat lukanya itu sehingga menjadi cepat sembuh daripada sebelumnya. Dia pergi memancing, dan setiap hari dia mendapat ikan lebih banyak. Bila musim kering datang, di menjemur tangkapannya untuk dapat berguna pada musin penghujan. Suatu hari perempuan itu berkata kepadanya:

“Pergilah sekarang ke pasar membawa ikan-ikanmu dank u bias mendapatkan uang, belilah selendang, pakaian, untuk bayi kita yang akan lahir.”

Dia begitu berbahagia sewaktu istrinya menyampaikan permintaannya itu. Hari-hari berikutnya, dia sering melihat istrinya duduk dekat tebing sungai. Memandang ke dalam air. Dia melarangnya untuk pergi kesana, dan mengatakan “Calon anak kita bisa jadi i….”

Perempuan itu menghentikannya melanjutkan bicaranya. “Kau sudah berjanji untuk tidak mengatakan demikian itu. Dan saya tak punya kawan untuk diajak bicara.”

Tiba waktunya bayi mereka lahir. Seorang bayi yang kuat dan sehat, dia tidak suka berbaring di selendang berlama-lama. Tidak lama dia sudah dapat berjalan, dan dalam waktu singkat dia menjadi anak kecil yang cerdas dan aktif kesana-kemari. Tubuhnya terlihat licin dan memantul warna coklat muda.

Suatu hari ayahnya pulang ke rumah setelah letih berburu burung. Anak kecil itu duduk di dapur, memakan makanan yang dipersiapkan perempuan itu untuk suaminya. Ini adalah pelanggaran yang dianggap berat! Tak seorangpun anak diijinkan menyentuh makanan ayahnya. Lelaki itu mengangkat tangannya seperti hendak memukul anaknya itu tetapi dia berlari sambil membawa mangkuk nasi yang dimakannya.

Ayang yang sedang lapar itu menjadi murka. Kemarahannya membuatnya lupa apa yang ada dihatinya, dimana semua yang rahasia tersimpan. Pada saat itu sesosok begu (hantu, red.), sesosok roh jahat, melayang-layang disekitarnya dan hinggap dihatinya. Begu itu berbisik kepadanya:

“Katakan saja, teruskan, katakana saja!”

”Anak ni dekke! (Anak ikan!)” demikian teriak lelaki itu.

Sesaat berikutnya dia menyadari sudah berdosa. Tetapi dia tidak bias lagi menarik kata-katanya. Istrinya memandang kepadanya. Perempuan itu mengetahui sesosok begu telah tau bahwa dia tidak waspada. Tanpa sepatah kata, perempuan itu masuk ke dalam gubuknya dan mengumpulkan semua pakaian dan barang-barang anaknya. Di menaruhnya dalam keranjang. Diperintahkannya anaknya mengambil bamboo dan mengikutinya. Anak itu mematuhinya tanpa komentar, merasakan sesuatu yang mengerikan bakal terjadi. Perempuan itu membawanya melalui jalan setapak menuju kearah gunung.

Pada kaki gunung yang curam itu dimana jalan kecil itu mendaki menuju tebing batu, perempuan itu menyuruh anaknya mulai memanjat. “Pergilah ke puncak dan cari sendiri tempat yang hijau di lembah diseberang. Dirikanlah gubukmu dan tanami padi untukmu. Selamat tinggal.”

Perempuan itu menatapi anak itu sewaktu dia tanpa bicara menapaki tangga-tangga dan memanjat sepanjang jalan setapak sewaktu dia merangkak dinding batu. Sewaktu dia berada pada ujung curam itu, anak itu menoleh kebelakan untuk terakhir kalinya, masih terperangah dan merasa heran mengapa semuanya harus terjadi. Dia melambaikan tangan, tetapi ibunya memberitanda agar dia meneruskan langkahnya. Itulah saat terakhir anak itu melihat ibunya. Dia berbalik dan berjalan memasuki lembah itu, kemudian tak terlihat lagi kampong halamannya.

Perempuan itu kembali pulang kerumahnya di tepian sungai. Suaminya masih duduk disana, terlihat pasrah tak berdaya dan putus asa. Perempuan itu berdiri di tebing sungai dan mulai memanggil air. Air mulai membludak. Air mulai menggenangi dan meninggi bagaikan monster yang sedang murka. Banjirpun dating menggenangi hamparan itu, kemudian setinggi pohon bamboo, bahkan lebih tinggi dari pohon bagot (enau, red.) Tetapi suaminya tidak terhanyut malah berubah menjadi ikan. Perempuan itupun berubah lagi ke kehidupan sebelumnya di air, memakai pakaiannya yang bersisik. Dia masih tetap setia kepada duaminya, -karena memang demikian seharusnya- tetapi karena hukumannya yang melanggar sumpah perempuan itu memaksanya untuk bersama di kehidupan bawah air.

Kampung itu berubah menjadi sebuah danau, yang sampai sat ini penampakannya sering mengancam bahaya. Begitulah terjadi bila janji tidak dipenuhi manusia, untuk mengingatkan bahwa iblis terburuk dari seorang laki-laki yang mampu dia lakukan adalah mengatakan kata-kata yang dia sendiri tidak ingin mengatakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar